SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA (BKB) DAN SOSIALISASI MAKANAN SEHAT YANG TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA


SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA (BKB)  DAN SOSIALISASI MAKANAN SEHAT YANG TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA

Kejajar, (03/11/2022) Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak balita merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi. Telah tersedia secara berlimpah berbagai kajian dan pembahasan mengenai hal tersebut, dan kajian yang menempatkan bahwa keluarga merupakan institusi pertama dan utama yang mengemban tugas pemenuhan pertumbuhan dan perkembangan anak balita. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar waktu anak balita dihabiskan bersama keluarga. Oleh karena itu, maka penting untuk meningkatkan ketahanan keluarga khususnya dalam peran mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak balita. BKKBN mengimplementasikan pertimbangan tersebut dalam program ketahanan keluarga yang disebut dengan Program Bina Keluarga Balita (selanjutnya disingkat BKB).

Program BKB adalah sebuah program dari pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang balita secara optimal,dan merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para ibu dan anggota keluarga lain tentang bagaimana cara mengasuh dan mendidik anak balita.

Kegiatan kelompok BKB salah satunya di dukung dengan pengetahuan akan pentingnya keluarga dan Balita mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah berbagai jenis atau bahan makanan yang mengandung gizi seimbang. sedangkan makanan tidak sehat adalah Jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Umumnya, makanan tidak sehat hanya mengandung sedikit zat dan sedikit serat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Kandungan yang ada dalam jenis makanan ini juga bisa berbahaya. 

Pada hari Kamis, 27 Oktober 2022  Pemerintah Kelurahan Kejajar mengadakan kegitan Sosialisasi dan Pembentukan BKB & Sosialisasi makanan sehat yang tidak mengandung bahan kimia,  di ikuti oleh Anggota Pokja II dan Pokja IV TP.PKK Kelurahan Kejajar, dan Ibu-ibu yang mempunyai Balita di Wilayah Kelurahan Kejajar, narasumber berasal dari Pokja II dan Pokja III TP.PKK Kecamatan Kejajar.

Dalam sambutanya Ny. Sri Mulyani,S.IP Kasi Pemberdayaan Masyarakat mewakili Lurah Kejajar menyatakan bahwa ” Pembentukan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita. Bahwa untuk dapat terlaksananya kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dipandang perlu membentuk kelompok Bina Keluarga Balita. sedangkan Maksud dari sosialisasi makanan sehat yang tidak mengandung bahan kimiaadalah untuk memberi informasi dan pemahaman bahaya bahan tambah pangan yang mengandung kimia pada makanan dan dalam tingkat pengguna yang berlebih pada makanan. Melalui sosialisasi ini masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga dapat berhati-hati dan mampu mengamati makanan yang siap saji yang dibeli di pasar, sehingga dapat dicegah penggunaan bahan tambah pangan yang mengandung bahan kimia dan menghindari makanan yang telah terkontaminasi oleh bahan yang mengadung pengawet, pemanis sintesis dan pewarna sintesis kimia.

 


Total Dibaca